' Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic | Kluwan Backtrack Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic

Minggu, 17 Januari 2010

Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic

Berikut adalah cara - cara membuat antena dengan wajan bolic untuk mencari singnal wirelles.

Free Image HostingAntenna kaleng mulai saya buat pada akhir tahun 2005… pengalaman menarik, lucu dan terkesan bodoh waktu itu ketika dengan PDnya saya menggunakan kabel antena Televisi dan port untuk Handy Talky yang harganya 3000 an… al hasil, tidak bisa menangkap sinyal Hotspot dari kampus berjarak kurang lebih 500 meter… Akhirnya coba lagi terus, mencari komponen yang sesuai dengan tutorial yang saya dapatkan dari anak2 laboran kampus, sampai akhirnya bisa konek dan berinternet ria dari jarak sekitar 600 meter dari akses point dengan sinyal “good”.
Setelah itu, eh ntah dari mana temen2 kok jadi banyak yang tahu, baik yang kenal ato ga kenal bahkan ada yang mendatangi kost untuk sekedar tanya2 ato minta dibuatin antena kaleng. Ya, dengan enteng saya bilang “Saya gak mau buatin antena kaleng, tapi kamu mau buat akan saya bantu”, seperti itu kira2… :D . Saya pun cuma bisa ketawa-ketiwi ketika lihat temen2 ada yang buat antena, kawatnya dibentuk macem2.. wew… yah, akhirnya sih mereka bisa bua sendiri2…
Tutorial antena kaleng ini dibuat sama temen saya, Hari Sudibyo, kakak angkatan yang sekarang ada di Batam jadi juragan kue pukis… dulu dia buatnya mandiri, saya cuma mengantarkan di beli bahan yang diperlukan di toko elektronik. Barangnya nyarinya cukup sulit, ya mungkin hanya orang2 tertentu aja yang bisa nyari tu barang… yang udah tahu toko2 elektronik maksudnya.. :D
Download Tutorial Antena Kaleng
Free Image HostingAntena Wajan Bolic dibuat oleh ketua organisasi komputer club (AMCC), Arshandy… hanya saja karena peralatan yang minim, akhirnya pinjam deh peralatan untuk robotika, kebetulan saya ikut robotika waktu itu dan mendapatkan full akses barang2 untuk robotika, terutama… BOR… :D . Setelah semua selesai, ternyata masalah tetep aja datang…USB Wireless Card tidak terdeteksi… yah…akhirnya ketemu juga masalahnya pada KABEL UTP, tahanan kabel UTP terlalu besar sehingga power loss pun ikut besar… maklum, kabel UTP murahan… Akhirnya masalah bisa kelar setelah kabel UTP diganti dengan kabel UTP yang LUAR BIASA (harga 3500 permeter)… Al hasil, penguatan sinyal dengan antena Wajan Bolic jauh lebih besar ketimbang dengan antena Kaleng…
Download Tutorial Antenna Wajan Bolic
Free Image HostingAntena Helikal… saya hanya terlibat mengantarkan temen yang mau buat antena ini ke Beringharjo, Malioboro beli plat kuningan yang harganya lumayan mahal, 2x makan :D … dan juga memberikan peralatan untuk buat antena itu… katanya sih hasilnya bagus… tutorial nya saya ga punya… jadi ya maap-maap aja deh… :)
Thats all, saya sih penginnya membuat konsep yang berbeda berdasarkan teori dari pembuatan wajan bolic dan antena kaleng, misalnya menggunakan reflektor pake antena televisi yang bulet ato pake bola mainan dari plastik yang dilapisi aluminium foil sebagai reflektor tapi ya… belum kesampaian… :D

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

0 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Posting Komentar

newer page older page home
top